Selasa, 18 Februari 2014

Between Black Star and Black Hole

Between Black Star and Black Hole


            Kali ini mau bahas tentang black star nih. Udah pada tahu belum black star itu apa? Karena penulis suka banget sama Avril Lavigne, penulis tahunya black star itu ya salah satu judul lagunya dia. Nama penggemarnya Avril juga disebut little black stars. Tapi bukan black star itu yang mau dibahas di sini. Kalau black hole udah pada tahu kan? Yup, black hole adalah lubang hitam yang dapat melenyapkan apa pun yang ada di sekitarnya. Sebelumnya simak dulu yuk hadits berikut ini!
            “Neraka jahannam dibakar selama ribuan tahun hingga warnanya menjadi merah, lalu dibakar lagi selama ribuan tahun hingga warnanya menjadi putih, lalu dibakar lagi selama ribuan tahun hingga warnanya menjadi hitam, hitam yang sangat pekat.” (HR. Tirmidzi)
            Begini nih penjelasannya menurut ilmu pengetahuan sekarang. Seperti yang telah dijelaskan oleh hadits di atas, bintang yang ada di antariksa ada tiga macam. Pertama, bintang merah yang memiliki cahaya yang sangat terang seperti pada contoh matahari. Bintang ini telah melewati separuh dari usianya. Dperkirakan bahwa matahari telah bersinar selama 50 miliar tahun, itu berarti matahari masih bisa bersinar selama 50 miliar tahun lagi. Wallahu a’lam. Kedua, bintang putih. Bintang putih adalah bintang yang telah melewati fase bintang merah dan massanya hanya tinggal satu persennya dari massa saat masih menjadi bintang merah. Meskipun massanya jauh lbih kecil, bintang putih ini memiliki gravitasi yang jauh lebih kuat daripada bintang merah. Kemudian yang terakhir adalah bintang hitam atau black star. Bintang hitam ini adalah bintang yang telah melewati fase bintang merah dan bintang putih. Massanya pun hanya satu persen dari massa pada fase sebelumnya, yaitu bintang putih. Gravitasinya sangat sangat jauh lebih kuat daripada bintang putih. Bintang hitam ini dapat menarik apa pun, bahkan alam semesta ini. Hal ini yang kemudian disebut dengan lubang hitam atau black hole yang dapat menarik apa saja ke dalamnya.
            Begitulah penjelasan tentang black star. Jauh sebelum penemuan ilmu pengetahuan menjelaskan tentang ini, ternyata Islam telah menjelaskannya terlebih dahulu lewat hadits di atas. Masih banyak lagi ilmu pengetahuan tentang alam semesta dan lainnya di dalam Al-Qur’an dan Hadits yang perlu dikaji secara mendalam untuk dijelaskan secara ilmiah agar kemudian dapat dijadikan sebagai penemuan baru dalam ilmu pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar